Rabu, 09 Februari 2011

TAMBATAN PERAHU MENJADI HARAPAN DAN TAMBATAN HATI MASYARAKAT

Awalnya kondisi jembatan dan tambatan perahu Rt 16  Dusun Mentibar Desa  Gapura Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas begitu mengkhawatirkan. Jembatan sepanjang 25 meter dan lebar 1,2 meter  yang terbuat dari kayu ini sudah berusia diatas 10 tahun dan hanya dirawat seadanya melalui swadaya masyarakat. Padahal jembatan ini merupakan akses untuk meningkatkan perekonomian masyarakat seperti banyaknya anak sekolah yang pergi untuk menyeberang, pedagang, dll yang menggunakan jembatan dan tambatan perahu tersebut.  Ini adalah merupakan salah satu sarana pendukung untuk  menuju Desa Sungai Baru Kecamatan Teluk Keramat, dimana masyarakat sering berinteraksi dalam hidup kesehariannya.

Rusaknya jembatan dan tambatan perahu, hal ini yang diperparah dengan banyaknya papan dan tiang kayu yang rusak dan pakunya banyak sudah keluar, sehingga kondisi jembatan ini nyaris tidak layak untuk dilintasi lagi. Tak jarang warga setempat pun tekadang terpaksa memilih penyeberangan  ke desa tetangga. Dengan demikian berarti akan mengurangi pendapatan  perekonomian dari warga Dusun Mentibar yang melakukan aktifitasnya menjual jasa dengan penyeberangan.
Dengan adanya program PNPM – Mandiri Perkotaan di Desa Gapura melalui LKM Belale’ Semerapian masyarakat sangat antusias untuk mengusulkan kegiatan pembangunan jembatan dan tambatan perahu di Rt 16 Dusun Mentibar dengan melalui rangkaian proses rembug baik ditingkat basis (Panitia KSM), tingkat Desa dan dengan konsultasi ke beberapa pihak yang berkompeten terkait dengan pembangunan ini.

Pembangunan jembatan dan tambatan perahu dilaksanakan pada BLM tahap 2 putaran 2 dengan total rencana anggaran biaya Rp. 29.530.000,-  yang terdiri dari dana BLM sebesar Rp. 21.310.000,-  dan swadaya masyarakat sebesar   Rp. 8.220.000,- . Adapun bahan yang digunakan dalam pembangunan jembatan yaitu untuk konstruksi bawah menggunakan kayu belian dan untuk konstruksi atasnya menggunakan kayu Klas I. Diharapan kegiatan tersebut dapat dipelihara dengan baik dan tahan lebih lama lagi dan sesuai dengan namanya yaitu Cipta Harapan yang mungkin dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menjual jasanya serta memberikan harapan bagi masyarakat Dusun Mentibar khususnya dan Desa Gapura pada umumnya.  Selama kurang lebih empat minggu yaitu dimulai dari tanggal 25 September – 20 Oktober 2010 pekerjaan dapat terselesaikan seluruhnya, sehingga masyarakat dapat menggunakan kembali sarana jembatan dan tambatan perahu ini.


Pekerjaan seluruhnya merupakan hasil kegiatan gotong royong yang melibatkan masyarakat setempat dan ditambah beberapa tenaga ahli yang mengerti dan paham mengenai kegiatan tesebut. Untuk keberlanjutannya juga telah dibentuk Organisasi Pemanfaat dan Pemelihara yang akan berswadaya untuk memperbaiki apabila terjadi kerusakan.


Profil singkat  KSM
Nama                                      : KSM Cipta Harapan
Alamat KSM                            : RT 16 Dusun Mentibar Desa Gapura Kabupaten  Sambas
Ketua KSM                               : Taher
Jumlah Anggota KSM             : 5 Orang
Tanggal Dibentuk                   : 24 Juli 2010
Pemanfaat                              : 96 KK ( 65 KK Miskin)

Dengan adanya program PNPM – Mandiri Perkotaan di Desa Gapura melalui LKM Belale’ Semerapian masyarakat sangat antusias untuk mengusulkan kegiatan pembangunan jembatan dan tambatan perahu di Rt 16 Dusun Mentibar dengan melalui rangkaian proses rembug baik ditingkat basis (Panitia KSM), tingkat Desa dan dengan konsultasi ke beberapa pihak yang berkompeten terkait dengan pembangunan ini.




Dampak positif yang dapat diambil dalam kegiatan pekerjaan jembatan dan tambatan perahu ini adalah kesadaran masyarakat dan pelaku perencanaan pembangunan di Desa Gapura yang telah menetapkan skala prioritas pembangunan di Rt 16 Dusun Mentibar selain itu juga terjalinnya komunikasi yang baik antara beberapa lembaga desa dan keharmonisan hubungan masyarakat yang ada di Desa Gapura dan desa tetangganya
LKM BELALE’ SEMERAPIAN
Contact Person :
Tajudin (Koordinator LKM) : Hp. 082148079860




Tidak ada komentar:

Posting Komentar